Khas Dari Berbagai Daerah, Setiap Omelet Punya Keunikan Tersendiri

Next Topic
 
Posted by celestyn celestyn
      Options


Hampir semua orang menyukai telur, tak peduli tua muda, dimanapun tinggalnya, dalam rangka apapun kapanpun, omelet selalu saja jadi favorit yang tak boleh terlewatkan. Di berbagai belahan dunia, mungkin selalu saja ada omelet yang dibuat atau dinikmati setiap menitnya. Ternyata, meskipun bahannya sama-sama dari telur, ada satu kreasi yang paling menonjol dari omelet ini di setiap tempat loh, termasuk Indonesia. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pertama, omurice yang sangat populer di jepang. Omurice adalah gabungan dari omelet dan fried rice. Cara membuat omelet dan fried rice menjadi omurice seperti ini sangat mudah. Anda hanya tinggal menggoreng nasi seperti biasa sesuai selera dan keinginan anda. Berikutnya, kocok telur di wadah terlebih dahulu, lelehkan blueband di wajan anda, kemudian masukkan telur. Setelah telur matang, langsung tuangkan nasi goreng di atas telur tadi, kemudian bungkus atau lipat-lipat dengan bantuan spatula. Nasi goreng pun diselimuti oleh omelet. Sensasi menyenangkan akan anda rasakan ketika membelah omelet dan mencium aroma nasi goreng bercampur dengan telur. Oleskan blueband di atas permukaan telur selagi panas agar lebih wangi. Hias menggunakan saos dan daun sop agar lebih menarik.

Kedua, Omelet Roll yang popular di Korea. Cara membuat omelet gulung yang satu ini sangat mudah. Kita hanya perlu membuat omelet dengan prosedur seperti biasa saja. Namun diusahakan membuatnya dengan tebal. Jika hanya menggunakan satu telur, buatlah di wajan yang sempit. Sedangkan jika wajan anda besar, gunakan minimal 3 telur. Masak telur dengan melelehkan blueband terlebih dahulu. Setelah telur matang, sesuai namanya, omelet diroll alias digulung-gulung. Setelah berbentuk bulat dan panjang, omelet dipotong menjadi beberapa bagian dan kemudian disusun satu per satu menghadap ke atas sehingga kelihatan seperti bolu atau cake yang berjejer seperti pada gambar di samping.

Omelet yang ketiga, yaitu kerak telor yang sangat populer, dimana lagi kalau bukan di negara kita Indonesia. Kerak telor selain dari telur, dibuat dengan beras ketan, udang kering, bawang merah goreng, dan bumbu-bumbu halus lainnya yang rasanya asin, manis, dan sedikit pedas. Tidak ada orang yang menyangkal kenikmatan dari olahan omelet khas Indonesia ini loh. Kerak telor saat hingga saat ini masih cukup mudah ditemukan di daerah pulau Jawa khususnya Jakarta, karena makanan ini aslinya memang berasal dari masyarakat Betawi. Jika di sekitar anda tidak ada yang menjualnya, anda bisa mencoba sendiri membuatnya di rumah dengan resep dari blueband.

Omelet Sandwich, terkenal di Amerika dan Eropa karena orang yang tinggal di kedua benua tersebut mayoritas tidak memakan nasi dan suka makan roti. Cara membuat omelet sandwich sangat mudah, seperti membuat omelet biasa saja. Kemudian, anda hanya perlu menyisipkan omelet beserta tambahan lainnya seperti daging ham atau sayur-sayuran di tengah-tengah lapisan roti. Omelet sandwich biasanya dijadikan pilihan makan pagi alias sarapan yang paling simpel dan mudah dibawa, oleh karena itu tidak heran banyak anak-anak maupun dewasa yang dibekali omelet sandwich dari rumah.

Meskipun jenis omelet yang populer berbeda-beda, tidak berarti jenis omelet tersebut adalah murni milik suatu tempat. Resep dan tren masakan sangat cepat berkembang, terutama di media sosial dan internet. Oleh karena itu, jangan heran bahwa anda masih sering menemukan sandwich di negara kita atau ada yang menjual kerak telor di negara lain.

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Omelet Dengan Blueband